Persaingan Kereta Cepat Eropa

 Uni Eropa mengeluarkan mandat perkeretaapian, yaitu Fourth Railway Package, tahun 2016 untuk mengurangi jumlah subsidi kereta api dari Uni Eropa. Peraturannya adalah meliberalisasi pelayanan kereta api domestik di seluruh wilayah Uni Eropa. Uni Eropa mengambil alih peran dari pemerintah negara – negara Eropa sebagai pemberi izin ke operator siapa saja, baik milik swasta maupun milik pemerintah. Ini juga membuka pasar pelayanan kereta api jarak jauh di Eropa serta menghilangkan diskriminasi dalam penentuan rute kereta api dan penagihan biaya penggunaan infrastruktur.

Di Jerman, operator yang relatif baru adalah FlixTrain, yang menawarkan tiket murah. Di Italia, terdapat Italo yang bersaing dengan perusahaan milik negara yaitu Trenitalia. Walaupun keduanya saling berebut pangsa pasar, tingkat laba keduanya meningkat, dan dianggap sebagai salah satu penyebab pailitnya maskapai penerbangan nasional Italia, Alitalia. Perusahaan kereta api nasional Perancis, SNCF, memiliki anak perusahaan low cost, Ouigo. Biaya operasionalnya dapat ditekan dengan hanya memberlakukan penjualan tiket online dan standar pelayanan yang minim.

Terdapat 4 operator kereta api cepat yang melayani jalur Madrid – Barcelona di Spanyol. Keempatnya yaitu perusahaan nasional Renfe, Renfe Avlo (untuk segmen pasar low – cost), Ouigo Espana, dan Iryo. Penumpang jalur Madrid – Barcelona memperoleh berbagai pilihan berdasarkan tingkat tarif, standar pelayanan, dan ketersediaan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kereta Api Tenaga Surya

Kereta Api Trem